Efek celah katup terlalu kecil, besar dan tidak ada celah katup
Penyetelan celah katup dimaksudkan untuk mempertahankan celah (clearance) antara ujung batang katup dengan ujung baut penyetel katup agar tetap sesuai standar.Tujuannya untuk diperoleh kinerja mesin yang optimal. Pemberian Jarak Bebas dimaksudkan guna mengantisipasi pemuaian pada klep selama proses pembakaran pada mesin.
Penyetelan celah klep sangat penting dilakukan dalam periodik tertentu.Karena seiring penggunaan, bukan tak mungkin menyebabkan clearance-nya berubah yang akan berdampak ikut berubahnya durasi maupun lift klep.
Efek Penyetelan Klep Jika Terlalu Kecil/Rapat :
- motor susah dihidupkan
- bahan bakar menjadi boros
- tenaga kurang
- bisa menyebabkan klep bengkok
- katup tidak menutup dengan sempurna
Efek Penyetelan Klep Jika Terlalu Besar/Renggang:
- Timbul suara berisik
- mesin cepat panas
- kepala katup, rocker arm, ujung baut penyetel katup dan noken as akan cepat aus.
- bahan bakar lebih irit
- pembakaran kurang maksimal
- mesin kurang bertenaga
Efek Jika Tidak Ada Celah Katup:
- lift dan durationnya bertambah
- bahan bakar boros
- langkah kompressi kurang padat
- tenaganya lebih pendek
- torsi pada putaran bawah menengah lebih kecil
Standar celah klep sepeda motor adalah 0,05 mm. Pada beberapa sepeda motor seperti GL dan sekelasnya celah klepnya adalah 0,10 mm. Untuk sepeda motor merk Yamaha setelan klepnya adalah 0,07 mm. Jadi setelan klep sesuai dengan standarnya. Bila sepeda motor yamaha, pakailah setelan 0,07 mm. Demikian juga untuk sepeda motor lainnya, ikuti standar penyetelannya Kecuali sepeda motor kompetisi.
PERHATIAN :
" Pemeriksaan dan penyetelan jarak renggang klep di anjurkan pada saat kondisi mesin dalam keadaan dingin dibawah 35 derajat celcius".
SEKIAN, SEMOGA BERMANFAAT
mo tanya ne....mx ane kepala kelepnya melebar atau dower gitu. apa pengaruh setingan celah kelep yg terlalu rapat ya? aku pake uukuran celah mx stadar 0,6....in,ex. skrg udah aku ganti kelep baru ukuran celah kelepnya aku buat 0,10 in,ex. soalnya mx ane dah make cam punya vixion serta bloknya juga...kira2 aman ga ya....aku takut nanti dower lagi tu kepala kelepnya.
BalasHapusMaaf bro ane numpang jawab pertanyaan nya ya,batang klep dower emang kasus yang sering terjadi pada motor yamaha bro gk cuma motor bro aja ko,yang paling sering ngalamin kasus batang klep dower motor scorpio udah tradisi ko, karna memang per klep bawaan motor yamaha cenderung lebih keras dari pabrikan lain tetapi penggunaan bahan untuk batang klep gak sesuai kerasnya per klep itu sendiri,
HapusSolusinya pake klep racing yg teruji aja gan seperti .... Dan ... Di jamin klep agan gk bakal doer lagi deh,thanks
mo tanya ne....mx ane kepala kelepnya melebar atau dower gitu. apa pengaruh setingan celah kelep yg terlalu rapat ya? aku pake uukuran celah mx stadar 0,6....in,ex. skrg udah aku ganti kelep baru ukuran celah kelepnya aku buat 0,10 in,ex. soalnya mx ane dah make cam punya vixion serta bloknya juga...kira2 aman ga ya....aku takut nanti dower lagi tu kepala kelepnya.
BalasHapusMau tanya boleh gan ane punya mio sporty cuma karbu sering kecegukan padahal kemarrn abis skir karbu baru ganti kira kra apanya yah gan udh di otak atik tapi ga ilang" tuh cekugan
BalasHapusJ@ cegukan bisa jadi dari rumah jarum sekep karbunya bro. Yg udah aus.
HapusItu2 rumah skep yg kecil d lobang jarum skep.
D saranin coba d ganti.
Minimal klo buat pmakai'an shari2 3 hari mudah2an udah normal.
Kalau cegukanya sudah smbuh itu cara pakai motor jg d rubah bro.
Jangan benTar2 ngegas2
Karna pke mio klo maen gas mbat2an karuan pkx karbu king krna mio mudah cegukan klo gesekan jarum vakum dngan rumah jarumnya trlalu cepat bolak balik lekas aus rumah jarum vakumnya.
Muda2an terbantu.
Karna sy jg ad sporti d garasi kreasi anak bangsa.
J@ cegukan bisa jadi dari rumah jarum sekep karbunya bro. Yg udah aus.
HapusItu2 rumah skep yg kecil d lobang jarum skep.
D saranin coba d ganti.
Minimal klo buat pmakai'an shari2 3 hari mudah2an udah normal.
Kalau cegukanya sudah smbuh itu cara pakai motor jg d rubah bro.
Jangan benTar2 ngegas2
Karna pke mio klo maen gas mbat2an karuan pkx karbu king krna mio mudah cegukan klo gesekan jarum vakum dngan rumah jarumnya trlalu cepat bolak balik lekas aus rumah jarum vakumnya.
Muda2an terbantu.
Karna sy jg ad sporti d garasi kreasi anak bangsa.
J@ cegukan bisa jadi dari rumah jarum sekep karbunya bro. Yg udah aus.
HapusItu2 rumah skep yg kecil d lobang jarum skep.
D saranin coba d ganti.
Minimal klo buat pmakai'an shari2 3 hari mudah2an udah normal.
Kalau cegukanya sudah smbuh itu cara pakai motor jg d rubah bro.
Jangan benTar2 ngegas2
Karna pke mio klo maen gas mbat2an karuan pkx karbu king krna mio mudah cegukan klo gesekan jarum vakum dngan rumah jarumnya trlalu cepat bolak balik lekas aus rumah jarum vakumnya.
Muda2an terbantu.
Karna sy jg ad sporti d garasi kreasi anak bangsa.
Numpang tanya gan... motor saya pulsar 135.. celah klepnya cepet banget longar.. habis dirapetin 2 hari dipake sudah berisik lagi karena terlalu longgar... dirapetin lagi longgar lagi sampe capek bolak balik ngrapetin.. kira2 apa ya penyebabnya
BalasHapusNumpang tanya gan... motor saya pulsar 135.. celah klepnya cepet banget longar.. habis dirapetin 2 hari dipake sudah berisik lagi karena terlalu longgar... dirapetin lagi longgar lagi sampe capek bolak balik ngrapetin.. kira2 apa ya penyebabnya
BalasHapusKalau untuk shogun axelo 125,ukuran celah klep in/ex berapa
BalasHapusMau tanya mktor ane mio soul gt abia turun mesin ganti blok saher sama platuk klep, ko mktor bukan ya enteng malah berat gak ada tenaga,
BalasHapusJalan ya kaya ketahan kebelakang..
Assalamualaikum
BalasHapusCara stel kleep gmna
Spade Stainless Steel Necklace - Titianium Arts
BalasHapusThe Spade Stainless Steel Necklace is a necklace made with a titanium bars steel plate that is titanium belly ring coated titanium armor with titanium welding a coating of platinum, zinc, and grade 23 titanium silver.